Apel: Variasi, Nutrisi, dan Manfaat

Apel Red Del Washington kg

Apel adalah salah satu buah yang populer dan menjadi favorit semua orang. Buah ini memiliki tekstur yang renyah dan berwarna terang. Apel telah terbukti memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Walau tidak bisa menyembuhkan penyakit tertentu, namun apel mampu mencegah kita dari penyakit-penyakit yang riskan seperti darah tinggi, kolesterol, obesitas, bahkan kanker.

Saat ini sudah terkembang beragam varian buah apel, baik apel lokal maupun apel impor. Tiap jenis apel memiliki bentuk, warna, dan tekstur yang berbeda, pula ada yang memilki rasa manis atau asam.

Variasi Apel di Indonesia

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menyukai apel. Selain memiliki rasa yang enak, apel juga mudah didapat. Berikut ini adalah beberapa jenis apel yang ada di pasaran.

  1. Apel malang memiliki warna kulit hijau dengan sembur merah dengan rasa manis yang tidak terlalu kuat.
  2. Apel merah memiliki warna kulit merah bergaris-garis dengan daging yang lunak, dan rasanya manis sedikit asam.
  3. Apel manalagi memiliki warna hijau kekuningan dan warnanya tidak berubah meski sudah matang. Rasanya segar dengan aroma yang kuat.
  4. Apel ceri adalah versi mini dari apel manalagi.
  5. Apel fuji memiliki warna kulit merah mudah dan kandungan air yang banyak.

Nutrisi dalam Apel

Apel memiliki tingkat sodium, lemak, dan kolesterol yang sangat rendah. Buah ini juga tidak mengandung protein sama sekali. Meski begitu, apel merupakan sumber unggul penghasil vitamin C dan serat yang tinggi.

Satu buah apel biasa mengandung:

  • 100 kalori
  • 25 gram karbohidrat
  • 4 gram serat
  • 19 gram gula
  • Antioksidan yang tinggi

Manfaat Apel bagi Kesehatan

Senyawa flovonid pada apel serupa dengan antioksidan yang mampu menyerap vitamin dalam tubuh dan memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas. Berkat flavonoid dan antioksidan, apel menjadi salah satu dari sekian banyak buah yang kaya akan manfaat. Disarankan untuk tidak mengupas kulit apel ketika memakannya, karena di kulit inilah terdapat banyak serat yang baik bagi usus dan pencernaan.

Serat dapat memperlambat pencernaan sehingga kamu tidak mudah merasa lapar. Selain itu, serat ini akan membantu mengatasi diare dan sembelit. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa apel dapat melindungi pembuluh darah, mencegah kerusakan jantung, menurunkan kolesterol, melindungi sel DNA untuk mencegah kerusakan oksidatif, memperlambat pertumbuhan sel kanker, serta melindungi pankreas untuk menurunkan diabetes.

Secara garis besar, apel bermanfaat bagi:

  • Paru-paru
  • Jantung
  • Penderita asma
  • Tulang
  • Penurunan berat badan
  • Otak (mencegah penyakit alzeimer dan pikun)
  • Sistem imun
  • Usus

Bukankah banyak sekali manfaat apel bagi tubuh kita? Khusus bagi penderita diabetes, kamu tidak perlu khawatir tentang kandungan gula pada apel. Terbukti dengan jelas bahwa gula yang dimiliki apel berbeda dari zat gula lain yang memiliki resiko tinggi jika dikonsumsi terus-menerus. Zat gula apel tidak menghilangkan serat yang baik buat tubuh kamu.

Itulah ulasan mengenai buah apel, mulai dari varian, nutrisi yang dikandung, hingga manfaatnya yang sangat besar bagi tubuh kita. Ketika kamu membeli apel, pastikan untuk memilih yang padat dan berat. Pastikan juga pada bagian kulit tidak tergores atau ada bagian yang lembek. Kamu bisa mendapatkan apel yang berkualitas dan terjamin di TaniHub. Kami memastikan apel yang terbaik untukmu dan keluarga. Kunjungi website kami, pilih varian apel yang kamu suka, lalu tunggu di rumah hingga pesananmu datang. Mudah, kan?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *