Cara Membuat Tahu Susu Yang Pedas Dan Lumer Di Mulut

Resep Tahu Susu Lumer
source gambar : yummy.co.id

Tahu memang menjadi salah satu makanan yang cukup digemari oleh orang Indonesia. Tidak hanya dijadikan sebagai cemilan tetapi tahu juga bisa dijadikan sebagai makanan utama. Karena di Indonesia tahu ini menjadi salah satu makanan yang sering ada di tiap hidangan, akhirnya membuat banyak sekali ragam jenis olahan tahu yang muncul dengan ciri khasnya masing – masing.

Salah jenis olahan tahu yang juga menjadi favorit banyak orang ialah olahan tahu susu. Tekstur dari tahu susu yang lembut dan juga lumer di mulut membuat banyak orang menyukai rasa dari tahu susu ini. Tahu susu ini sangat cocok dijadikan sebagai cemilan dirumah atau juga sebagai menu teman makan nasi.

Karena tingginya minat orang diluar sana terhadap tahu susu ini akhirnya produsen tahu susu pun terus berinovasi agar para pelanggannya tidak bosan. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah membuat resep tahu susu dengan rasa pedas. Ide ini tercetus karena banyaknya minat pelanggan terhadap munculnya rasa tahu susu yang sudah pedas tanpa harus menggunakan cabai rawit lagi.

Bagi anda yang tertarik dengan tahu susu pedas ini,berikut resep tahu susu pedas yang bisa anda coba dan praktekan dirumah sendiri.

Pertama siapkan bahan – bahan berikut :

  • 1 kg kacang kedelai
  • 1 liter susu sapi segar / susu uht
  • ½ kg Mentega
  • ¼ kg Bawang putih
  • 1 ons Kunyit
  • ¼ kg Cabai rawit
  • Garam dan bumbu pelengkap secukupnya
  • Air secukupnya

Selanjutnya setelah mempersiapkan semua bahan – bahan diatas, mari kita langsung masuk ke tahapan pembuatan.

  1. Sebelum memulai proses pemasakan sebaiknya kedelai yang akan digunakan sebelumnya sudah direndam dalam air selama kurang lebih 6 jam.
  2. Setelah kedelai direndam kemudian cuci kedelai dengan menggunakan air mengalir sampai semua kotorannya hilang.
  3. Setelah semua kotorannya hilang kemudian masukan kedelai kedalam mesin penggiling sedikit demi sedikit. Lakukan proses ini sampai semua kedelainya habis.
  4. Setelah semua kedelai selesai dihaluskan kemudian masukan kedelai kedalam kuali dan masakn dengan menggunakan air mendidih selama kurang lebih 1 jam sambil di aduk – aduk.
  5. Setelah selesai direbus kemudian tuang air rebusan kedalam kuali yang sudah diberi kain saringan kemudian pisahkan antara ampas dan sari kedelainya.
  6. Setelah selesai dipisahkan kemudian campur sari kedelai dengan susu sapi, mentega, cabai rawit, garam, dan bumbu lainnya secukupnya. Aduk – aduk sampai semua adonan tercampur rata kemudian diamkan.
  7. Setelah didiamkan beberapa waktu nanti adonan sari kedelai akan mengendap dan endapan itulah yang akan dijadikan tahu.
  8. Tuang endapan kedalam cetakan tahu kemudian press dengan menggunakan alat sampai bentuk adonannya rapih dan merata.
  9. Lalu potong – potong adonan sesuai selera yang diinginkan.
  10. Setelah selesai dipotong kemudian masukan tahu tersebut kedalam air mendidih yang sudah diberikan campuran kunyit agar nantinya warna tahu berubah menjadi kuning. Lalu angkat dan tiriskan.
  11. Setelah itu tahu susu pedas sudah bisa langsung di konsumsi ataupun di goreng terlebih dahulu.

Bagaimana ? mudah bukan resep dan cara pembuatan tahu susu ini, hanya saja memang saat membuat tahu susu ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena banyak proses yang harus dilewati. Tetapi soal rasa, tahu susu ini sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *