Metode Sterilisasi AC Sendiri

Metode Sterilisasi AC Sendiri

Metode Sterilisasi AC SendiriĀ  – Anda perlu mengetahui cara mensterilkan AC Anda tidak hanya agar lebih awet, tetapi juga untuk menjaga kualitas udara AC ini setiap saat. Selain itu, membersihkan AC juga berpengaruh terhadap penggunaan listrik yang bisa membuat Anda boros. Jika AC tidak dibersihkan secara rutin, kotoran dan debu, terutama jamur dan kuman yang menumpuk, misalnya pada bagian seperti ventilasi atau filter, akan membuat AC tidak berfungsi.

Hal ini membuat lebih boros listrik. Dan yang sangat berbahaya itu juga bisa menjadi sumber pencemaran udara akibat akumulasi virus dan kuman, seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya. Jika sudah begini, jangan heran jika ingin muncul berbagai jenis penyakit, salah satunya masalah pernapasan.

Berikut salah satu cara mensterilkan dan cuci AC sendiri di rumah:

Metode Sterilisasi AC Sendiri
Metode Sterilisasi AC Sendiri

1. Lepaskan semua kabel dari catu daya

Sebelum mulai membersihkan, AC harus dimatikan dengan memutus aliran listrik sepenuhnya. Hal ini sangat berguna mengingat air di bagian A/C merupakan penghantar listrik yang dapat merugikan anda jika terkena serangan elektrolit. Jika perlu, tutup sakelar dengan selotip untuk mencegah percikan air ke dalam lubang.

2. Bilas kondisioner mulai dari tutupnya

Cara pertama untuk mensterilkan AC rumah adalah mulai dari kap mesin. Untuk ini, Anda dapat menggunakan alat pembersih biasa seperti kemoceng dan kain kering untuk penyedot debu untuk mensterilkan debu di bagian luar bilah aerator. Setelah itu, Anda bisa menggunakan lap yang agak lembab (basah), tujuannya untuk membersihkan sisa debu yang masih menempel. Terakhir, gunakan kain kering agar air setelah pengeringan tidak meninggalkan noda pada tutupnya.

Baca juga: https://id.wikipedia.org/wiki/Penyejuk_udara

3. Lepaskan dan bilas bagian filter

Untuk melepas bagian filter AC, Anda bisa membaca manual dan mengacu pada petunjuk yang terdapat di dalamnya, ya. Dan jika Anda bisa menghilangkannya, berikut cara membersihkan bagian filter AC: Pertama, bilas debu dengan penyedot debu, sikat gigi yang sangat bersih. Kedua, cuci filter dengan air. Namun jika benar-benar kotor, Anda bisa mencucinya dengan sabun cuci piring cair, lalu bilas hingga bersih dan keringkan filternya.

Jika Anda perlu menjemur di luar rumah agar kering secara optimal. Terakhir, jangan lupa dibersihkan kembali sampai tidak ada air dan debu yang masih menempel. Bagian filter ini merupakan salah satu bagian yang sangat penting karena cara kerja AC yaitu menyedot seluruh udara di dalam ruangan, merawatnya (mendinginkan) dan mengeluarkannya kembali.

Cara ini juga dapat diterapkan pada filter air reverse osmosis (RO) sehingga filter tersebut dapat menyaring parasit, virus dan bakteri.

4. Bilas bilah evaporator

Kita masih di unit internal, saatnya masuk ke dalam merit. Sebelum membersihkan evaporator, pastikan untuk menutupi lantai dan area kabin di dekat AC. Karena air kotor akan turun pada titik ini dan sangat mungkin mencemari lantai dan ruangan di sekitarnya, jadi pastikan untuk menutupi area tersebut, terutama jika Anda perlu menyediakan ember untuk menampung aliran air. Kemudian, bilas evaporator dengan cairan pembersih untuk AC. Sekarang tidak sulit untuk mendapatkan cairan khusus ini. Nah, jika filter AC dalam kondisi baik, udara baliknya juga bersih.

5. Bilas unit luar ruangan

Untuk saat ini, mari kita beralih ke bagian luar. Sekali lagi, pastikan untuk memutuskan sambungan listrik. Mulailah dengan mensterilkan bedak yang menempel pada kisi pendingin dengan kuas. Untuk area yang kecil, Anda bisa menggunakan sikat gigi yang lebih kecil. Jadi sudah waktunya untuk mensterilkan dari dalam. Pada titik ini, air sangat dibutuhkan. Beralih antara baling-baling ke depan dan ke kiri, tetapi tidak terlalu ke kanan, karena ada motor kompresor berbentuk kotak yang dilindungi dengan pelat seng. Yang perlu diperhatikan adalah metode irigasi. Cobalah untuk menggerakkan tangan Anda sedikit keras, yaitu meremas. Pada umumnya jika Anda menggunakan jasa pembersih AC, mereka akan menggunakan mesin semprot khusus.

Berikut beberapa cara membersihkan AC sendiri di rumah. Jika Anda mengalami kendala, Anda bisa menggunakan jasa service AC profesional agar AC Anda terbersihkan dengan baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *