Tips Investasi dari Warren Buffet Agar Menguntungkan

Tips Investasi dari Warren Buffet Agar Menguntungkan

 

 

 

1. Investasi pada industri yang kamu pahami

Pastikan kamu memahami proses bisnis dan kondisi perusahaan sasaran investasi kamu. Warren Buffett pernah berkata, “Never invest in a business you cannot understand.”. Jadi, jangan pernah asal memilih investasi saham pemula tanpa kamu memahaminya terlebih dulu, ya.

2. Percaya diri

Sebagai investor pemula, pasti kamu sering meragukan kemampuan atau keputusan yang kamu buat. Apalagi kalau terpengaruh orang lain yang rasanya lebih ahli saat menganalisa saham. Tapi, jangan berkecil hati dan jangan mudah terpengaruh orang lain. Untuk membuang keraguan dan jadi lebih percaya diri, kuncinya hanya satu, yaitu belajar. Kamu perlu belajar mengenai seluk-beluk investasi uang terbaik, setelah itu buatlah keputusan sendiri.

3. Dahulukan investasi untuk diri sendiri

Nggak ada investasi yang lebih baik selain investasi untuk perkembangan diri, begitulah menurut Warren Buffett. Sebelum terjun dalam dunia investasi saham, investasilah untuk diri kamu sendiri yang bisa meningkatkan kemampuan dan mengasah bakat yang udah kamu miliki. Tentukan keterampilan apa yang ingin kamu kuasai, dan luangkan waktu serta biaya untuk mewujudkannya. Hal ini bisa membuatmu menjadi pribadi yang lebih berharga.

4. Ikuti berita saham terkini

Manfaatkan informasi dari berita sebagai pertimbangan keputusan yang akan kamu ambil. Hal ini penting untuk memahami kondisi perusahaan sasaran investasi. Tapi, bukan berarti semua berita harus mempengaruhi keputusan kamu, ya. Buffett menyarankan untuk menerapkan aturan 99-1, artinya gunakanlah berita cuma sebagai 1 persen pertimbangan pengambilan keputusan.

Misalnya, kalau perusahaan sasaran mengalami kerugian sebesar 7-10%, jangan buru-buru menjual saham dari perusahaan tersebut. Perhatikan dulu rekam jejak perusahaan tersebut. Kalau perusahaan tersebut udah berdiri selama puluhan bahkan lebih dari seratus tahun, maka perusahaan tersebut pasti mampu mengatasi kerugian yang dialami.

Investasi saham memang bisa jadi salah satu cara untuk menimbun uang dengan cepat, alias cara menjadi kaya di masa depan. Tapi, bukan cuma manfaat itu aja yang akan kamu dapatkan dari berinvestasi saham. Bukan cuma yang berkaitan dengan urusan kantong, tapi manfaat yang kamu rasakan juga berkaitan dengan banyak hal.

Inilah 3 Manfaat Investasi Saham untuk Masa Depan Kamu

1. Jadi punya mental wirausaha

Saat kamu membeli saham suatu perusahaan, itu artinya kamu adalah pemilik perusahaan tersebut. Memang sih bukan kepemilikan sepenuhnya, tapi pasti ada perasaan bangga saat kamu tahu kalau kamu memiliki aset sebuah perusahaan. Dengan membeli saham dari perusahaan, maka bisnis dari perusahaan itu akan memutar uang kamu.

Nah, seperti yang kita tahu, namanya bisnis pasti nggak selalu mulus, kadang ada masa di atas, kadang ada juga di bawah, bisa untung, dan bisa juga rugi. Perasaan itu pasti akan kamu rasakan sebagai investor saham. Karena itu, dengan berinvestasi saham, kamu jadi memiliki mental wirausaha karena merasakan keuntungan ataupun kerugian.

2. Membuka dan memperluas wawasan

Saat menjadi investor saham, kamu akan memiliki wawasan yang luas. Kamu akan dituntut untuk lebih aware dengan informasi-informasi yang beredar di dunia. Dengan membaca dan mengetahui berita yang ada, kamu jadi tahu informasi tentang bisnis, politik, atau industri yang bisa jadi pemicu investor dalam membeli saham.

Karena itu, jangan malas membaca dan update berita, ya. Saat masuk dunia saham, kamu pasti butuh membaca untuk menganalisa keadaan pasar, terutama industri dari produk instrumen saham kamu.

3. Bisa jadi simpanan untuk dana pensiun

Saham bisa disimpan bertahun-tahun. Nah, saham yang disimpan tersebut akan menghasilkan keuntungan yang signifikan. Saat tua nanti, hal itu pastinya akan berguna banget buat kamu daripada cuma sekadar menabung dan tergerus inflasi.

Memulai investasi saham saat di bangku kuliah memang jadi tantangan tersendiri. Kamu perlu mengalokasikan uang jajan untuk keperluan sehari-hari, biaya membuat tugas, biaya membeli buku, dan juga untuk menabung.

Itu tadi cara investasi saham untuk pemula kalau kamu merasa udah siap untuk memulai investasi yang satu ini, maka nggak ada salahnya untuk mencobanya. Tapi, kalau kamu merasa belum siap, kamu bisa mencoba alternatif investasi lainnya yang lebih mudah, seperti investasi reksadana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *