Kronologi Perdebatan Ojol Tentang Pemotongan Aplikator Hingga 50%, Respon Gojek dan Grab

Pengemudi taksi online dan ojol Menyinggung tentang diskon yang diberikan oleh aplikator dapat menjangkau hingga 50%, walaupun ketentuan dari Kementerian Perhubungan atau Kemenhub mengatur batas maksimum sebesar 20%. Perusahaan jasa penyedia layanan ride-sharing ini menjadi sorotan. ride hailing seperti Gojek , Grab, Maxim, serta InDrive telah memberikan klarifikasi tentang hal tersebut.
Ketua Umum Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia alias Garda Raden Igun Wicaksono mengatakan bahwa salah satu permintaan yang disuarakan oleh sekitar 25 ribu sopir taxi adalah sebagai berikut: online Dan para pengemudi OJOL yang akan melakukan demonstrasi besok (21/5) adalah terkait pemotongan pada aplikasi yang sekarang mencapai 50%.
Tetapi dia pun menyadari bahwa komisi sebesar 50% tersebut disebabkan oleh program-program seperti Argo Goceng atau Aceng, serta permainan slot.
Pada pernyataan resminya, Igun mengajukan permohonan kepada Kementerian Perhubungan atau Kemenhub untuk mengurangi ambang atas pemotongan bagi pengguna aplikasi dari 15% + 5% menjadi hanya 10%.
Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan dengan nomor KP 1001 dari tahun 2022, tarif untuk penyewaan layanan melalui aplikasi diatur secara maksimum sebesar 15 persen. Selain itu, terdapat pula batasan atas biaya pendukung yang dapat dipungut oleh aplikator yaitu tidak melebihi 5 persen.
Biaya pendukung meliputi ekstra untuk kesejahteraan mitra pengemudi, termasuk premi asuransi keamanan lebih, menyediakan area layanan bagi para mitra pengemudi. Ini juga mencakup dukungan dari pusat informasi, pertolongan dalam hal biaya operasional, serta bentuk bantuan lainnya.
Aplikator yang menerapkan biaya tambahan sebesar 5% harus memberikan laporan kepada Direktur Jenderal Perhubungan Darat di Kemenhub agar dapat dinilai. Aspek-aspek yang dievaluasi meliputi dasbor sistem aplikasi, laporan keuangan triwulanan tentang pemakaian dana tambahan tersebut, data operasional berupa total mitra pengemudi, serta laporan keuangan tahunan yang telah diselidiki oleh firma akuntansi umum terkualifikasi. big five .
Apabila aplikator tidak mematuhi aturan tersebut, maka direktur jenderal perhubungan darat Kemenhub lah yang akan mengeluarkan anjuran hukuman.
"Organisasi Garda mengharapkan Presiden Prabowo Subianto dan Menteri Perhubungan Dudy Purwagandh untuk menerapkan hukuman keras terhadap perusahaan aplikasi yang tidak taat pada Peraturan Menteri Hubud No. 12 tahun 2019 serta Keputusan Menteri Hubud KP No. 1001 tahun 2022," seperti tertulis dalam rilis pers mereka pada hari Senin (19/5).
Gojek, Grab, Maxim, InDrive Mengklaim Tidak Melanggar Peraturan Kemenhub
Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah GoTo Gojek Tokopedia Ade Mulya menegaskan bahwa perusahaan tidak mengabaikan aturan yang ditetapkan oleh Kemenhub tentang batas atas pengurangan sebesar 20%.
"Kami selalu taat terhadap peraturan yang diumumkan oleh pemerintahan melalui Kementerian Perhubungan. Tarif jasa Gojek untuk layanan transportasi penumpang (OJOL) didasarkan pada Keputusan Menteri Perhubungan KP Nomor 1001 Tahun 2022, yaitu terdapat dua macam komponen tarif mencakup biaya tak langsung sebesar maksimal 15% sebagai biaya penyewaan aplikasi serta tambahan 5% untuk biaya pendukung," ungkap Ade seperti disampaikan dalam rilis persnya. Radar Info.co.id , Senin (20/5).
"Setiap kuartal, kita mengirim laporan kepada Kemenhub agar pasti bahwa dana tersebut dipakai untuk membantu kelangsungan transaksi serta pemasukan para driver partner," kata Ade tambahan.
Kepala Urusan Publik Grab Indonesia, Tirza R Munusamy, secara tegas menyatakan bahwa perusahaannya tidak membebankan biaya komisi atas aplikasi melebihi 20%. Ia pun menjelaskan tentang kesalahpahaman yang dialami para driver ojek online dan taxi. online , yaitu menentukan jumlah komisi berdasarkan biaya yang dibayar oleh penumpang serta yang dikantongi driver .
Cara perhitungan untuk mitra pengemudi adalah penumpang membayar sebesar Rp 12 ribu dan si driver mendapatkan Rp 8.000. Seharusnya hitungan tersebut berdasarkan penumpang membayar Rp 12 ribu dikurangi dengan biaya jasa ke Grab senilai Rp 2 ribu sehingga menjadi Rp 10.000. Jadi, diskon aplikasi harus diambil dari selisih antara Rp 10.000 dan Rp 8.000 yaitu Rp 2.000 atau setara dengan 20%," ungkapnya saat menghadiri sebuah diskusi di Jakarta pada hari Senin (19/5) malam itu.
Pada sisi lain, Maxim menetapkan tarif bagihasil atau komisi sebesar 5% sampai 15%. Tarif komisi 15% umumnya berlaku di Jakarta. Namun demikian, terdapat juga beberapa area di Jakarta yang menggunakan skema bagihasil antara 5% hingga 10%.
Pengemudi akan mendapatkan komisi sebesar 5% saat mereka mempromosikan perusahaan, seperti dengan menampilkan logo aplikasi pada mobil atau motor mereka, serta menggunakan jaket dan helm yang disediakan oleh perusahaan. Selain itu, Maxim tidak menerapkan biaya layanan atas penggunaan aplikasinya.
Di samping itu, InDrive menerapkan biaya komisi sebesar 10,55% untuk setiap transaksi mitra pengemudi taxi dan ojek. online Alias ojol merujuk pada layanan berbagi tumpangan atau ride hailing, jasa pengiriman barang, serta sejenisnya.
“Ini sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai atau PPN,” kata Business Development Manager inDrive Indonesia Georgy Malkov kepada Radar Info.co.id , pada 2023. Selain itu, inDrive tidak mengenakan biaya lain kepada mitra pengemudi taksi dan ojol.
Aceng dan Slot Diprediksikan Menghasilkan Pengurangan di Aplikasi Sebesar 50%
Sebagai salah seorang mitra pengemudi ojol yang ikut memprotes pada bulan Februari kemarin, Sri Lestari mengatakan bahwa Aceng adalah singkatan dari Argo Goceng. Jasa ini dapat digunakan untuk layanan GoFood serta GoSend milik Gojek.
Driver Ojol yang telah terdaftar di Gojek sejak tahun 2015, yaitu Aceng, menjelaskan bahwa program argonya untuk layanan antar barang dan makanan baik jarak jauh ataupun dekat hanya berharga Rp 5.000. "Itulah pendapatan yang kami peroleh," ungkap Sri kepada Radar Info.co.id pada saat protes sedang berlangsung di Jakarta, tanggal 27 Februari.
Program Aceng Gojek diluncurkan pada Agustus 2023. Tiba-tiba, para pengemudi ojol mendapat pemberitahuannya tentang Kopdar melalui aplikasi mereka. Kopdar merupakan acara berkala yang mengumpulkan Gojek bersama para pengemudi ojol untuk mengetahui hambatan serta keperluan mitranya.
Saat kami mengklik tautan itu, secara mendadak kami berada di dalam akun Aceng. Bukan semua driver ojek online, tapi sebagian besar yang baru mendaftar menjadi mitra, akan masuk ke akun Aceng lantaran mereka masih kurang paham," jelas Sri. "Mentransfer ke akun lain cukup rumit, karena nomor plat motor serta Kartu Tanda Penduduk telah diregistrasi.
Dia menjelaskan bahwa mitra ojek online yang bergabung dengan program Aceng hanya mendapatkan sebesar Rp 5.000. Di sisi lain, saat dia mencoba menggunakan layanan GoFood, jumlah yang perlu dibayar oleh pelanggan adalah Rp 20 ribu.
Berdasarkan angka yang diberikan, dia berpendapat bahwa perusahaan jasa mungkin menagih biaya pendaftaran sebesar 75%. Di sisi lain, sesuai dengan Pasal Keputusan Menteri Perhubungan KP No. 1001 Tahun 2022, besarnya pemotongan tertinggi untuk biaya pendaftaran diatur tidak lebih dari 20%.
Mitra pengemudi ojek online Grab bernama Wawan menceritakan tentang program Slot. Apabila ikut serta dalam program tersebut, maka status akun Reguler menjadi tidak aktif secara otomatis. Sebaliknya juga berlaku demikian.
Ia mengevaluasi volume pesanan pada akun Slot dan Reguler. Ternyata, jumlah pemesanan yang tercatat saat menggunakan akun Reguler lebih rendah daripada ketika dia menggunakannya dengan fitur Slot.
Dia pun mengadu tarif ojek online antara akun Regulernya dengan Slot pada aplikasi temannya. Dengan demikian, Wawan menyadari bahwa persentase komisi yang dikenakan oleh pengemudi melebihi 50%.
“Konsumen membayar Rp 15 ribu, yang diterima teman saya hanya sekitar Rp 7.000 (berkurang 53,3%),” kata dia kepada Radar Info.co.id .
Salah satu hambatan yang dihadapi saat memakai fitur Slot adalah kemungkinan jarak perjalanan driver ojol cukup panjang. Sebagai ilustrasi, ia menyebutkannya sebagai contohnya. driver Ojek online dengan akun Slot tinggal di Jakarta Timur, dan berencana untuk beroperasional di sekitar tempat tinggalnya.
Bila kuota pada area tersebut telah terisi lengkap, maka driver Ojol itu akan dipindahkan ke area lain seperti Bekasi," kata Wawan.
Mitra pengemudi ojol yang bernama Marhali menjelaskan bahwa sistem akun Slot di Gojek serupa dengan Grab. "Dengan Akun Reguler biasa, saya pernah cuma mendapatkan pendapatan sebesar Rp 7 ribu dalam satu hari saja (karena tidak menggunakan Slot)," ungkapnya.
Radar Info.co.id Berulangkali menanyakan konfirmasi ke Gojek dan Grab terkait protes dari para driver ojol perihal program aceng dan slot, tetapi hingga kini belum mendapat respon.
Aceng dan Slot Ditangani oleh Kemenhub?
Berdasarkan penjelasan dari beberapa driver ojek online, Aceng adalah aplikasi yang digunakan untuk mengirimkan barang serta melakukan pemesanan dan antar makanan. Ini masuk ke dalam kategori jasa kurir atau pos sesuai dengan Pasal 3 huruf c Peraturan Menteri Kominfo No. 8 tahun 2025 tentang Jasa Kurir Komersial yang telah dikeluarkan belum lama ini.
Perusahaan layanan pos merupakan penyedia jasa komunikasi berupa tulisan atau email, serta menawarkan fasilitas mengirim paket, manajemen logistik, transaksi finansial, dan agen pos yang bertujuan untuk publik. Beberapa contohnya meliputi Pos Indonesia, JNE, J&T Express, Tiki sampai dengan SPX. Di samping itu, aplikasi seperti Grab dan Gojek juga memberikan pelayanan antar barang dan pesanan makanan via fitur Grab Express, GrabFood, GoSend, dan GoFood.
Radar Info.co.id Mengecek apakah layanan GrabExpress, GrabFood, GoSend, dan GoFood termasuk dalam Peraturan Menteri Kominfo No. 8 Tahun 2025 di Kementerian Komunikasi dan Informatika sejak minggu lalu, tetapi belum menerima balasan.
Di dalam Peraturan Menteri Kominfo No. 8 Tahun 2025 yang telah dikeluarkan baru-baru ini, Pasal 41 menetapkan tarif untuk jasa pengiriman pos komersial atau biasa disebut ongkos kirim. Cara menghitungnya berdasar pada total biaya, yaitu penjumlahan antara biaya produksi maupun operasional dengan tambahan margin keuntungan.
Biaya produksi ataupun operasional mencakup sejumlah elemen misalnya adalah pengeluaran untuk karyawan, ongkos transportasi, perangkat lunak, perkakasan teknologi, ditambah dengan beban akibat kolaborasi dalam penyajian fasilitas dan infrastruktur, juga kesepakatan bersama pemain bisnis atau pihak lain.
Perhitungan yang didasarkan pada biaya tersebut mengakomodir perkiraan permintaan jasa sepanjang tahun ini. Output dari proses penghitungan ini dijadikan sebagai dasar untuk menentukan harga pokok jasa. Rumus tariff bisa mencakup biaya promosi serta atau biaya operasional admin dan umum.
Biaya marketing merupakan biaya yang dikeluarkan untuk mendukung penjualan jasa pos dan meliputi beberapa aspek seperti biaya kampanye produk baru, launching produk, mengenalkan ke pasarnya, serta menjaga hubungan dengan konsumennya.
Pasal 45 membahas mengenai diskon yang ditawarkan oleh perusahaan jasa logistik. Hanya boleh memberikan diskon terus-menerus selama satu tahun penuh jika, setelah dipotong, tarifnya masih berada di atas atau minimal sesuai dengan biaya dasar dari layanan tersebut.
Apabila potongan harga malah membuat tarif layanan berada di bawah biaya dasar, maka penggunaanya harus sangat terbatas. Menurut pasal 45 ayat (4), pemotongan seperti free shipping hanya bisa dilaksanakan dalam periode waktu tertentu yaitu maksimal tiga hari setiap bulan.
Jika jasa pemesanan dan pengiriman makanan serta antar-barang melalui platform ojek online termasuk dalam aturan tersebut, maka promo seperti aceng bisa dibatasi hingga maksimal tiga hari per bulannya.
Pada saat yang sama, menurut penjelasan dari mitra pengemudi, slot di aplikasi Grab bersifat pilihan. Hal ini berlaku juga untuk fitur Grab Hemat yang kemudian menjadi salah satu keluhan dalam protes para driver ojek online.
Grab menerapkan biaya berlangganan untuk fitur Grab Hemat yang dijalankan oleh mitra pengemudi taksi. online Dan pengemudi OJOL. Ukurannya adalah sebagi berikut:
Jumlah Pesanan GrabBike Murah (setiap harinya) | Biaya Langganan |
0 | Gratis |
1 – 2 | Rp 3.000 |
3 – 4 | Rp 8.500 |
5 – 6 | Rp 13.500 |
7 – 9 | Rp 18.000 |
10 atau lebih | Rp 20.000 |
Biaya akan diterapkan pada hari setelah mitra selesai mengerjakan pesanan. Uang dipotong dari Dompet Tunai Mitra pada hari yang bukan weekend atau libur.
"Bila dihitung rataratanya, ternyata tarifnya menjadi Rp 20.000 lebih murah karena para mitra pengemudi sudah menuntaskan 10 perjalanan terlebih dahulu. Oleh karenanya, meskipun harganya sedikit lebih tinggi, layanan ini tetap lebih ekonomis," jelas Director of 2-Wheels & Logistics Grab Indonesia Tyas Widyastuti.
Biaya tersebut tidak tercakup dalam perhitungan sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Menteri No. 1001 Tahun 2022 dan juga Keputusan Menteri Kominfo Nomor 8 Tahun 2025 mengenai Jasa Pengiriman Pos Bisnis.
Namun, aceng, slot hingga Grab Hemat menjadi keluhan dari para pengemudi ojek online dan taksi. online Yang akan melakukan protes pada hari ini. Menteri Perhubungan atau Menhub Dudy Purwagandji tak mengomentari masalah tersebut saat bertemu dengan beberapa perusahaan aplikasi seperti Gojek, Grab, Maxim, dan InDrive pada Senin (19/5).